Ke pantai bumi kartini yang menyedihkan

 

06 Januari 2013

Hari ini w mau pergi main ke Karimunjawa di jepara, berhubung dapet bayar murah meriah akhirnya w dengan semangat membara siap” mau kabur kesana.

malemnya w gak bisa tidur karena rasanya pengen cepet” pagi (ini dah kebiasaan dari kecil) tapi pada akhirnya w ketiduran juga dan bangun jam 4 pagi (ini sebuah pencapaian yang luar biasa!! karena biasanya w bangun jam 7 pagi, hhi) dan langsung mandi ke kamar mandi (inget mandi itu di kamar mandi, bukan ke toilet) dan yang harus lu tau sob, mandi jam 4 pagi di gunung itu rasanya nusuk sampe tulang sum sum, dinginnnya mantapbddd..

setelah melakukan ritual pagi (mandi,shalat,makan,minum,gak lupa pake baju) w pun siap siap kumpul ke center point yang ditentukan, janjinya c jam 6 kumpul jam 7 berangkat v apalah daya kalau hidup di indonesia, jam karet semua!! asem bener!! jam  7 bis baru datang dan para pemuda baru pada kumpul, heu gak da yang tepat waktu disini mah. akhirnya setelah nunggu bis dan nunggu makhluknya pada kumpul, kita pun berangkat dengan diiringi isak tangis dan air mata serta doa (walah kaya yg meninggal z) dari kerabat semua, hhe..

di jalan kita disuguhin hiburan yang sangat menarik dari DVD yg di puter (nonton bang haji rhoma irama nyanyi man!!) yang sumpah bikin semua orang ngantuk dengan sukses!! karena bete lihat orang itu nyanyi akhirnya w memutuskan untuk tidur dan w terbangun di semarang, w melihat keluar dan liat pasar karangjati disana. itu tempat pacar w (calon istri w tercinta si putri tidur) kerja dan ngekost di deket situ, rasanya w pengen loncat dari bus dan main ke tempatnya v niat tersebut w urungkan karena takut jatoh terus mate ketabrak beca yang lagi parkir disitu.

beberapa menit kemudian w merasa mual dan pengen muntah, ini disebabkan w sarapannya g bener. temen” w pada ngeledekin w karena ketika w pergi naik bus dari bogor ke jogja z kalau naik yang non AC w gak mabok, v giliran naik yang pake AC malah muntah muntah, katanya w gak cocok jadi orang kaya.! asem kan tuh mereka..

sesampainya di jepara kita nyasar nyari jalan masuk kepantai tersebut karena gak ada gerbang yang kebuka (kayanya lagi pada tutup nih) dan pada akhirnya kita malah nyasar ke pantai bandengan (v pantainya keren juga lho) akhirnya daripada gak main air kita pun memutuskan buat turun dan main di pantai ini.

baru 3 menit kena angin laut w langsung ngerasa masuk angin, zzz anginnya kenceng banget bro.. daripada w sakit lagi w pun memutuskan untuk itikaf z di masjid deket situ. for your info pantainya keren dan berpasir putih v sayang banyak sampah plastik yang g keurus disitu, sedih lihat nya..

akhirnya w cuma liatin temen” w yang main air n foto” di pantai, god damn it, baju yg w bawa buat ganti pas main air akhirnya mubazir. dijalan pulang w fokus tidur dan g mau beli apapun dari situ coz dah kebawa males n bad mood.

Note: kalau mau main kemana” jangan lupa bawa jaket, obat masuk angin dan sarapan dulu seblum berangkat!! jangan kebawa nafsu.!

Advertisements

New year eve

 

31 des,

seperti yang udah w post sebelumnya, w seneng banget ngejelajah kota jogjakarta dan saat ini yang jadi target w adalah pantai kuwaru jogjakarta.

jam 2 siang temen w si mahmud kekeh minta dianterin ke pantai dikarenakan seumur hidupnya (19 tahun) dia belum pernah menginjakan kakinya ke pantai, w agak gak percaya sebenernya, v selidik punya selidik, ternyata dia tinggal di lereng gunung merapi selama ini (serius) jadi blum pernah lihat pantai dan laut katanya (kecuali liat secara gak langsung, contoh : TV) akhirnya dengan berat hati dikarenakan dia melas kaya anak kucing yang blum di kasih makan 9 hari, w pun bersedia nganterin dia ke pantai.

di perjalanan ke pantai w yang bawa motor jadul yang udah reot menuju laut biru, perjalanan terasa begitu khidmat dikarenakan w nyasar dengan sukses sebanyak 2 X, akhirnya setelah minta arah sama google maps, w pun nyampe di pantai ini.

di pantai w cuma foto” n main air z sampe bosen, pas lihat ada perahu nelayan yang mau berlabuh dan parkir w punya inisiatif buat bantu narik itu kapal dan gila bener rasanya berat banget, padahal dah di bantu tarik sama sepululh pria bertenaga kuda (mukanya mirip kuda laut semua) dan setelah perahu berhasil melandas dan parkir dengan sukses w melihat hasil tangkapan nelayan tersebut dan tergiur buat beli beberapa ekor (bukan beli ekornya doang ya). setelah beli, w langsung pngen balik n masak ni ikan laut.

di jalan balik, temen w yang w suruh bawa motor biar adil, dan baru z dia naikin, tuh ban motor tiba” z kempes n ternyata bocor. akhirnya kitapun dorong itu motor sampe tambal ban terdekat (jaraknya 1 km lebih dikit) dan rasanya cape sangat.!

setelah motor berhasil di bangkitkan dari kubur, kita nerusin perjalanan pulang dan sampe di rumah dengan kehujanan. karena malam dan udah capek dan kedinginan dan udah males akhirnya kita putuskan untuk masak itu ikan besok pagi z buat sarapan, dan paginya saat mau masak, itu ikan habis dengan sukses sisa kepalanya doang karena c mahmud naronya gak aman jadi kucing dengan mudah nyuri itu ikan dari tempat penyimpanan.

melayanglah sudah yang 30 ribu dan akhirnya kami putuskan bahwa ikan tsb kami buat jadi sedekah awal tahun kita.

NB: kalau mau main ke pantai jangan lupa pakai lotion, baju panjang, dan persiapkan jas hujan, karena 5 orang protes sama w pagi ini karena katanya w jadi tambah item dan kepala w pusing” karena kehujanan.

have a nice year 2013 all..

Cinta kebersihan

Desember 29, 2012

Hari ini weekend, dan seperti biasanya bahwa setiap hari sabtu w dan tement satu kostan w masak untuk makanan kita hari ini.
w sekarang kebagian jadi yang nyuci beras, dan temen w yang kebagian belanja sayur ke warung buat di masak.

nah, sambil nyuci beras w mau sekalian cuci piring yang udah numpuk kotor di kamar w. setelah sampe di kamar mandi, w mau cuci piring z dulu karena itu lebih cepet ketimbang nyuci beras. nah berhubung kamar mandinya ini di alam terbuka (gak di dalam rumah v di belakang rumah) banyak ayam yang pada datang buat makan sisa nasi dan lauk dari piring yang w cuci ini. tapi satu hal yang gak w sadari beras yang mau w cuci ini w simpan di sebelah w dan tanpa w sadari juga salah satu ayam yang nakal ini nyenggol detergen yang ada di sebelah panci beras ini dan detergen pun tumpah dengan suksesnya. akhirnya setelah nyuci piring selesai w pun mau nyuci beras dan ternyata w kaget ngeliat detergen yang numpuk diatas beras w..

temen w datang dan bertanya tanya :

M : kok berasnya berbusa ya.?

Z: iya nih w nyuci beras pake detergen biar bersih

M: Oh, Bagus deh kalau gitu

Z & M : …  hua goblok banget ya nih..

Z : yasudah dibilas yang banyak z biar gak bau detergen

dan setelah bilas beras 7 kali pake tanah dan 7 kali pake air ( dah kaya kena najis z ya) beras pun kita masak dan mateng dengan sempurna.

temen w si Mahmud yang w beri kehormatan nyobain duluan nasi yang kita cuci dengan detergen itu.

Z : Gimana rasanya bro.?

M : Manis n malah lebih enak dari biasanya

Z: (ikut nyobain) eh iya juga ya..

Sore harinya w ngundang temen” w main ke kost n ngajak mereka makan bareng.

kita pun makan dengan lahapnya tanpa rasa ampun, ternyata nyuci beras dengan detergen itu gak buruk juga hasilnya..

silahkan dicoba, semoga bermanfaat.! hha..

NB: Jangan dicoba dirumah, karena setelah makan nasi tersebut temen” w mulutnya pada berbusa n pas cegukan keluar gelembung sabun dari mulutnya..

huehehehehe..

DON”T TRY THIS AT HOME KECUALI DISENGAJA.!

Hujan di Jogjakarta

 

Desember 16,

OH, god.!!
 hari ini weekend dan semangat liburan di hati w membara n menggebu gebu pengen main kemana mana..

rencananya mau main ke pantai parangtritis n nonton konser ke alun alun selatan kota jogjakarta. berhubung ane ini orang bogor yang nyasar ke jogjakarta karena di culik alien n gak inget jalan pulang, jalan jalan keliling kota Jogjakarta adalah hal yg gua sukai untuk tau lebih detail tentang kota ini.

pagi ini w gak mandi pagi, karena niatnya mau main air di pantai bareng ubur ubur n putri duyung (kalau g ada putri duyung, putri dayung juga gpp deh), n pergilah w jalan naik motor pinjeman ke parangtritis, satu hal yg w lupakan di hari itu adalah bulan ini lagi musim hujan.!!

akhirnya belum sempet main air and mandi bareng sama temen” laut, w dah basah kena air hujan yg deres banget (inget hujan deres, bukan hujan gede) akhirnya w puter balik ke arah kostan dan g jadi main ke pantai dikarenakan cuaca yg gk ngedukung.

jam 3 sore, w cabut ke alun alun selatan, mau nonton konser yang di siarin di MNC TV, lumayan konser gratisan buat hilangin bete, dan setelah w nyampe sana w bayar parkir 3000 rupiah buat satu motor n w langsung menuju tempat paling nyaman diantara tempat yang ada yaitu di belakang panggung. tau kenapa.? karena dari belakang panggung pemandangannya lebih bagus (g liat artis yg sok asik) tapi berhubung bosen juga liat panggungnya doang akhirnya pindah lah w ke yang paling depan n baru beberapa menit berdiri disitu, hujan deras turun lagi, zzzzzzzzzzzzzz, penonton pun lari kalang kabut bagaikan anai anai yang di hambur hamburkan.

lagi neduh di emperan toko, hp w bunyi.. yang punya motor minta di jemput di terminal bus giwangan. damn it, w pun cari jalan buat ke terminal n nyasar jauh banget, nyaris ke magelang, ini semua gara” w salah baca peta di tab w. akhirnya puter balik n berbekal nanya ke google maps, w pun nemuin jalan buat ke terminal v apa dayaku bensin motor habis (wadefak) w pun dorong motor sambil nyari bensin eceran terdekat (hujan”an dorong motor kayanya g keren banget ya)

ya pada akhirnya w berhasil jemput temen w, bawa di balik menerjang badai n mandi pake air mendidih seseudahnya biar g masuk angin.

 

# kalau mau main kemanapun alangkah baiknya liat keadaan cuaca dulu, sedia payung sebelum hujan, siapa tau banyak yang nyari ojek payung.!!

Piringbola indovisi*n

Desember 13,

Hari hari ku biasanya tenang, penuh kedamaian karena diiringi oleh musik jazz yang melantun indah menghilangkan penat di kepala selepas kembali dari kantor dari laptop kesayangan temanku (hhe)..

🙂

tapi keindahan hidup ini seakan musnah dan sirna saat tetangga satu kost ku (anggap z namanya Pak. T) berlangganan parabola untuk TVnya dari indovision. tiap malam Pak. T ini hobby banget nonton movie dari bada maghrib sampe adzan subuh terdengar, dan tau gak.? ternyata orangnya tidur dari jam 7 malem n itu TV nyala dengan suara keras n kencengnya tanpa ada yg nonton, gila tiap malam w g bisa tidur gara” suara bising bule yang gy perang di dalam TV nya Pak. T ini (w denger orang ngorok z bangun n g bisa tidur, apalagi denger orang gy perang) heu sumpah dah tiap pagi mata w bengkak n kantung matanya hitam gara” semalam jadi saksi (meski cuma denger suaranya doang) perang bule dari bada maghrib sampe adzan subuh ini.!

w kesel banget, pernah satu malam w matiin sumber listrik di rumah ibu kost w biar tuh tv meninggal dunia, n sampe sampe w disangka maling sama bapak kost w gara” matiin sumber listrik rumahnya jam 3 pagi, n nyaris z digebuk pake kayu jati.! untung z w masih selamat sentosa dari gebukan kayu jatinya bapak kost (setelah teriak” minta tolong n mohon ampun ke bapak kost)

g sampe disitu, w masih kesel sama tuh parabola n w sempet pengen jadiin tuh parabola wajan buat goreng nasi waktu w lagi kelaparan, tapi sayangnya niat itu w urungkan karena gak ada kompor gas yang mau jadi relawan untuk ide gila yang bisa memungkinkan w dianggap orang gila kurang makan.!

wahahaha..

 

ya tapi setelah beberapa hari berlalu dan setelah debat panjang yang terjadi antara w dan pak.T kita sepakat apabila lewat dari jam 7 malam, pak t harus pasang timer di TVnya biar itu tv mati otomatis walaupun dia tinggal tidur..

Note: diskusi dan musyawarah mufakat itu lebih baik untuk mencari win win solution (titik terang dari suatu permasalahan)

🙂

Bahaya Tidur Berlebih

Bagaimana tidur kamu hari ini? Merasa kurang atau berlebih?

Sulit tidur atau insomnia memang tidak baik untuk kesehatan. Tapi kalau kelebihan tidur, atau istilahnya oversleeping (disebut juga hipersomnia) ternyata juga tak baik untuk tubuh kita. Nah, apa saja penyebab seseorang terkena oversleeping atau hipersomnia?

1.  Sleep apnea, jenis gangguan tidur di mana orang berhenti bernapas untuk sesaat ketika tidur dan dapat menyebabkan meningkatnya kebutuhan tidur karena membuat siklus tidur normal terganggu. Penderita akan merasa lelah dan lemas meski telah tidur selama 10 jam. Gangguan pernapasan mulai terjadi karena dinding tenggorokan cenderung berhenti beraktivitas, sementara individu sedang dalam kondisi bersantai (tidur). Akibatnya, aliran udara di dalam tubuh berhenti dan seketika individu tersebut terbangun untuk bernapas.

2. Narcolepsy, masalah neurologis yang menyebabkan tidur berlebihan. Narcolepsy memengaruhi bagian otak yang mengontrol dan mengatur tidur. Penderita (narcolepsy) gagal untuk mengidentifikasi dan membedakan waktu tidur dengan waktu untuk tetap terjaga. Penderita dapat tertidur di mana saja dan kapan saja.

3. Stres dan depresi. Dua hal ini memang harus dihindari karena dapat menyebabkan banyak gangguan kesehatan jiwa, juga mental, tak terkecuali oversleeping.

4. Kelelahan. Kelelahan akibat bekerja terlalu keras, gangguan tidur, kehamilan, atau kekurangan tidur merupakan salah satu penyebab utama oversleeping. Ketika merasa lelah, kamu cenderung memutuskan tidur lebih lama, bahkan lebih dari sembilan jam, untuk mencoba agar segar kembali.

Lantas, apa saja dampaknya bagi kesehatan?

1. Diabetes. Penelitian menunjukkan, orang yang tidur lebih dari sembilan jam tiap malam berisiko 50 persen lebih besar terkena diabetes dibandingkan dengan mereka yang tidur tujuh jam per malam. Penelitian juga menemukan, oversleeping dapat mengindikasikan gangguan medis yang meningkatkan kemungkinan pengaruh diabetes.

2. Obesitas. Penelitian menunjukkan, mereka yang tidur selama 9-10 jam tiap malam 21 persen lebih mungkin mengalami obesitas daripada mereka yang hanya tidur selama 7-8 jam.

3. Sakit jantung. Sebuah penelitian menunjukkan, wanita yang tidur selama 9-11 jam tiap malam 38 persen lebih mungkin terkena penyakit jantung koroner.

4. Sakit kepala. Para peneliti meyakini, sakit kepala bisa merupakan efek dari oversleeping. Mereka yang tidur terlalu lama pada siang hari sering mengalami gangguan ketika hendak tidur pada malam harinya sehingga menyebabkan timbulnya sakit kepala pada keesokan hari.

5. Nyeri punggung. Ketika kamu berbaring di tempat tidur selama berjam-jam, sering kali timbul nyeri pada punggung. Orang yang menderita sakit punggung atau rentan terhadap sakit punggung pun dianjurkan dokter untuk tetap aktif bergerak, tidak sering berbaring atau tiduran.

6. Ini akibat paling parah: Kematian !!! Beberapa penelitian menemukan, orang yang tidur sembilan jam atau lebih tiap malam memiliki tingkat kematian lebih tinggi daripada mereka yang tidur tujuh hingga delapan jam per malam. Para peneliti berspekulasi, depresi dan rendahnya status sosial ekonomi (juga dikaitkan dengan tidur lebih lama) dapat dihubungkan dengan meningkatnya mortalitas (kematian).

Jadi, bagaimana cara mengatasi oversleeping? Simak tipsnya:

1. Pilih nada atau suara alarm yang tepat. Memilih suara yang tepat penting artinya untuk mengembalikan kamu ke realitas, bahkan dari tidur yang paling dalam.

2. Jangan tergoda untuk tidur ringan atau snooze setelah terbangun. Hindarilah penggunaan tombol snooze pada alarm karena hanya akan mengacaukan jadwal alarm tidur kamu.

3. Pertahankan jadwal tidur secara teratur. Buatlah kebiasaan yang membuat tubuh kamu teratur untuk beristirahat dan kembali siap untuk beraktivitas pada hari berikutnya. Rencanakan program aktivitas hingga larut hanya pada saat kamu bebas dari tenggat pada keesokan harinya.

4. Berkonsultasi dengan dokter. Temuilah dokter jika kamu mengalami gejala oversleeping kronis. Hal itu penting untuk mengetahui gangguan atau penyakit yang menyebabkan kamu mengalami oversleeping.

Bagaimanapun, semua tips di atas tidak akan berhasil bila kamu tetap bertahan dengan satu-satunya penyebab, yaitu: Malas !!! 😛

Tips memiliki sikap Tegas

Menurut penelitian, berdasarkan tipe temperamen hanya sekitar tiga persen dari populasi manusia yang memiliki sikap tegas secara alamiah. Selebihnya memiliki ketegasan yang terbentuk dari lingkungan ataupun melalui pengetahuan dan pengalaman.

Lingkungan yang kurang mendukung dapat membentuk pribadi yang lemah dan tidak tegas. Misalnya disebabkan selalu berada dalam posisi sebagai seorang pengikut atau follower. Sering berada di situasi yang tidak memberi peluang untuk mengemukakan pendapat atau mengambil keputusan juga membuat sulit melatih ketegasan sikap.

Namun ketegasan sebenarnya diawali dari diri sendiri. Ketegasan lahir dari keyakinan dan komitmen pribadi terhadap keputusan yang diambil, dan ini terpancar dalam tindakan dan aktivitas Anda.

Seorang wasit pertandingan sepak bola dikeroyok suporter karena dianggap berpihak dan tidak tegas. Banyak sidang pengadilan yang kacau karena ketegasan peradilan terabaikan. Sejarah membuktikan banyak pemerintahan tumbang karena kepemimpinan yang lemah dan kompromis.

Apa yang membuat tidak bisa bersikap tegas ?
1. Mudah ikut arus
Ketika Anda merasa sulit untuk memilih dan memutuskan sesuatu, biasanya manusia cenderung mengikuti suara terbanyak atau pilihan yang paling populer. Mudah mengikuti arus membuat sulit untuk memiliki jati diri dan tidak tegas dalam menentukan pilihan.

2. Kurang percaya diri
Biasanya kita sulit mengambil keputusan jika kita terjebak dalam grey area atau zona abu-abu. Terjebak dalam area ini akan melemahkan rasa percaya diri sehingga sulit untuk bersikap tegas.

3. Sering bertindak gegabah.
Ada tipe orang yang berpikir dahulu sebelum bertindak. Namun tidak sedikit pula orang yang bertindak dulu baru berpikir. Biasanya mereka ceroboh dan tergesa-gesa lalu menyesali kembali keputusannya. Orang plin-plan kata-katanya tidak bisa dipegang. Sikap seperti ini sulit dipercaya atau diandalkan dan tidak dapat menjadi seorang pemimpin yang baik.

SOLUSI:
1. Konsisten
Bersikap tegas berarti konsisten terhadap keputusan yang diambil dan berani menerima konsekuensinya walaupun berat. Bunda Teresa menerapkan sikap konsisten ketika menerima gadis-gadis muda untuk bergabung dalam pelayanan dengan Misionaris Karitas. Ia tidak bersikap lunak, bahkan langsung menyuruh mereka ke tempat orang-orang papa yang menghadapi kematian. Ia ingin semua anggotanya menyadari bahwa tugas itu memang berat, dan ia tidak ingin membuatnya jadi gampang. Tantangan mendorong kita berani mengambil sikap.

2. Tentukan prioritas & fokus
Seorang dosen etika memberi ujian kepada mahasiswanya. Dalam 1 jam mereka diminta untuk menuliskan segala sesuatu tentang kebaikan dan kejahatan. Seorang mahasiswa asyik menulis mengenai kebaikan, tanpa menyadari satu jam sudah berlalu. Ketika sang dosen memerintahkan untuk mengumpulkan kertas ujian, dengan terburu-buru si mahasiswa tadi menambahkan tulisan “Saya tidak punya waktu untuk kejahatan”. Hikmah yang bisa dipetik adalah fokus. Tentukan sasaran yang jelas dan pilihan yang benar, lalu curahkanlah seluruh perhatian di situ.

3. Siapkan keputusan yang solid
Dalam Perang Dunia II, serangan terhadap kapal perang Jerman � Bismarck � yang dilakukan oleh Inggris adalah hasil dari keputusan Winston Churchil. Berulang kali ia menegaskan rincian mengenai penyerbuan itu. Hasilnya ? Dalam tempo beberapa hari kapal Bismarck pun karam. Fakta dan analisa yang tepat membuat kita merasa yakin dan dapat bersikap tegas dalam membuat sebuah keputusan solid.