Penyebab Rambut Rontok

Rambut adalah mahkota wanita. Rambut memang salah satu penunjang kecantikan seorang wanita. Kerusakan pada rambut akan membuat setiap wanita yang mengalaminya menjadi stres. Banyak sekali hal yang bisa menyebabkan rambut mengalami kerusakan dan menyebabkan kerontokan.

1. Genetik

Gen ini dapat diturunkan dari ibu ataupun ayah. Biasanya kerontokan ini terjadi pada rambut yang berada di belakang garis poni. Biasanya kondisi ini terjadi di awal umur 20 tahunan dan terjadi dengan proses yang lambat.

Kerontokan rambut akibat faktor genetik ini biasa disebut dengan androgenetic alopecia.

2. Ketidakseimbangan hormon

Ketika seorang wanita menyadari bahwa terjadi kerontokan pada rambutnya maka akan terjadi kelebihan pertumbuhan rambut pada bagian tubuh yang lain. Ketidakseimbangan hormon ini dapat mengakibatkan sindrom polycystic ovarian, dimana ovarium memproduksi terlalu banyak hormon pria. Biasanya terjadi pada wanita di usia 11 tahun. Akibat dari sindrom ini adalah kerontokan, haid tidak teratur, jerawat, dan kista pada ovarium.

3. Kehamilan

Fenomena kerontokan rambut yang terjadi setelah kehamilan, operasi besar, penurunan berat badan secara drastis, dan stres berlebihan disebut dengan telogen effluvium.

Wanita dengan telogen effluvium biasanya kan menyadari kerontokan pada enam minggu sampai tiga bulan setelah masa-masa stres. Pada puncaknya, rambut bisa rontok sebanyak satu tangan penuh. Proses pertumbuhan rambut akan lebih cepat berganti ke fase ‘istirahat’ sebelum akhirnya rontok, atau disebut dengan fase telogen.

Pengobatan kerontokan yang terjadi karena kehamilan atau operasi besar harus menunggu kerontokan rambut berkurang. Kerontokan yang terjadi karena pengobatan dapat diatasi dengan pengurangan dosis atau penggantian obat.

4. Kulit kepala tidak sehat

Kulit kepala yang tidak sehat dapat mengakibatkan peradangan yang mengakibatkan rambut sulit untuk tumbuh. Kondisi kulit kepala yang tidak sehat seperti adanya ketombe. Ketombe menyebabkan kulit kepala berganti sehingga lebih berminyak. Penggunaan sampo yang cocok untuk kulit kepala, perawatan, hingga meminum obat anti jamur dapat mengatasi masalah ini.

5. Anemia

Kekurangan darah atau anemia dapat mengakibatkan kepanikan, lemah, sakit kepala, susah berkonsentrasi, penurunan suhu tangan dan kaki, kulit pucat, dan kerontokan.

Seorang wanita yang sedang mengalami haid yang terlalu banyak dan tidak cukup mengonsumsi makanan yang banyak mengandung zat besi akan mengalami kekurangan sel darah merah. Sel darah merah sebagai kendaraan oksigen ke organ-organ tubuh, dan memberikan energi.

Mengonsumsi makanan yang kaya akan zat besi seperti daging sapi, sayuran hijau, sereal, dan kacang-kacangan dapat mengurangi gejala anemia. Selain itu, vitamin C dapat mempermudah penyerapan zat besi di dalam tubuh. Wanita membutuhkan 18 mg zat besi per hari, 8 mg setelah menopause.

6. Hipotiroidis

Hal ini terjadi ketika tubuh memproduksi sedikit atau lebih hormon tiroid yang bertanggung jawab terhadap metabolisme, detak jantung, dan mood. Hormon tiroid bertanggung jawab terhadap metabolisme tubuh dengan menggunakan oksigen dan energi untuk pertumbuhan rambut, kulit, dan kuku.

7. Penggunaan bahan kimia berlebihan

Jika terlalu banyak membersihkan kepala, styling, pewarnaan dapat mengakibatkan kerusakan ada rambut. Suhu panas dan bahan kimia dapat melemahkan rambut yang berakibat kerontokan.

Dan untuk mengatasi kerontokan tersebut, hindari penggunaan alat pengering rambut yang terlalu panas, pewarnaan rambut yang terlalu sering, dan penggunaan bahan-bahan kimia lainnya.

Advertisements

Cara Menyembuhkan Insomnia

 

Insomnia merupakan sebuah penyakit ganguan sulit tidur, bagi sebagian orang mungkin pernah mengalami kejadian yang tidak mengenakaan ini. Biasanya insomnia ini di derita oleh orang-orang yang sudah berusia lanjut. Studi yang di lakukan Thomson (seorang wartawan Reuters), mengatakan bahwa insomnia akan terus menyerang generasi muda yang berusia di bawah 45 tahun. Hal tersebut terlihat dari peningkatan konsumsi obat tidur oleh kalangan generasi muda sejak 1998 hingga tahun 2006. “Insomnia, yang pada umumnya berhubungan dengan orang tua diperkirakan akan terus menghantui generasi muda,” ujar Senior Vice-Presiden sebuah unit kesehatan milik Thompson Reuters William Marder seperti dilansir Indiatimes, Studi tersebut mengungkapkan, penggunaan obat tidur di kalangan generasi muda meningkat sekitar 50 persen. Hasil lain menunjukkan, generasi muda berusia 18-24 tahun merupakan kalangan yang paling sering menggunakan obat tidur. Pada tahun 1998, jumlah peningkatan pengguna hanya berjumlah 599 pengguna per 100.000. Sedangkan pada tahun 2006, jumlah itu meningkat menjadi 1.524 per 100.000 pada tahun 2006. “Sungguh sangat memprihatinkan melihat keadaan itu, di mana anak muda yang seharusnya kuat dan sehat kini banyak yang mengalami gangguan kesehatan,” ujar seorang ahli di Kettering Hospital Sleep Disorder Center in Dayton, Ohio, Donna Arand. Menurut Arand, kesulitan tidur yang dialami generasi muda banyak disebabkan karena pola tidur di usia tersebut banyak yang terganggu karena banyaknya aktivitas di kampus atau di sekolah yang menuntut mereka untuk tidur hingga larut malam.

Secara khusus, faktor psikologis juga memegang peran utama terhadap kecenderungan insomnia ini. Hal ini disebabkan oleh ketegangan pikiran seseorang terhadap sesuatu yang kemudian mempengaruhi sistem saraf pusat (SSP) sehingga kondisi fisik senantiasa siaga. Misalnya ketika seseorang sedang memiliki problematika pelik di lingkungan kantor, maka jika ambang psikologisnya rendah akan menyebabkan fisik susah diajak kompromi untuk tidur. Di sini faktor kecemasan, ketegangan, dan ketidakpastian hidup menyebabkan gangguan insomnia.

INSOMANIA terjadi karena di otak bawah sadar anda terjadi kebingungan menentukan jam biologis anda.
Hal ini dapat disebabkan karena saat jam tidur, anda seringkali mengaktifkan otak anda untuk berfikir. sehingga kebiasaan ini diterjemahkan oleh otak anda dengan mengubah waktu istirahatnya.
Ini bisa terjadi juga bila kita sering pindah-pindah ke negara / wilayah yang punya perbedaan waktu yang menyolok.

Dampak
Tentu saja gangguan insomnia akan memiliki dampak negatif dalam kehidupan individu yang bersangkutan. Pertama, akan mengurangi daya tahan tubuh sehingga berpeluang terhadap munculnya sejumlah penyakit. Sebab, tubuh manusia diciptakan sedemikian sempurnanya – yang secara alamiah telah diatur sebuah metabolisma fisik yang akan mempengaruhi kesehatan. Fisik dan mental seseorang akan sehat jika terdapat keteraturan antara terjaga dan tidur. Bukankah tidur juga berfungsi terhadap penataan kembali keseimbangan fisik setelah sekian lamanya terjaga dan terjadi kecapekan kerja.
Sebab dengan adanya tidur maka tubuh akan memproses untuk mengurangi asam laktat yang berfungsi terakumulasinya kecapekan. Itulah kiranya jika seseorang tidurnya normal maka ketika bangun tidur akan terasa segar kembali yang disebabkan asam laktat tersebut telah terminimalisasi. Sebaliknya jika seseorang mengalami kurang tidur maka asam laktat belum hilang secara sempurna.
Kedua, susah tidur akan berpengaruh terhadap stabilitas emosi sehingga mempengaruhi aktivitas kehidupan sehari-hari. Dalam hal ini jika seseorang dalam lingkungan kerja, maka akan menurunkan tingkat motivasi, konsentrasi, ketelitian, kreativitas dan produktivitas kerjanya. Demikian juga terhadap aktivitas lainya akan mengalami gangguan misalnya dalam belajar mengajar, menyelesaikan tugas, dan interaksi sosial. Bahkan dampak insomnia ini akan memudahkan seseorang untuk menderita stres. Hal ini cukup beralasan, sebab sebagaimana dikatakan di atas bahwa insomnia hanya merupakan gejala penampakan dari luar bahwa seseorang memiliki penyakit yang harus diobati (jurnal Psychology Today, Juni 1986).

Solusi
Pada akhirnya, untuk menjawab kasus insomnia ada beberapa hal yang disarankan untuk dilakukan.

  1. penderita insomnia harus pergi ke dokter terlebih dahulu. Hal ini sangat penting untuk mendeteksi apakah yang bersangkutan memiliki gangguan penyakit fisik yang berdampak terhadap gangguan tidur. Sebab sebagaimana dikatakan di atas bahwa terdapat penyakit fisik tertentu yang menyebabkan gangguan insomnia. Jika demikian adanya maka pengobatan dilakukan dengan terapi fisik.
  2. jangan mudah menggunakan obat tidur tanpa berdasarkan anjuran dokter. Jika hal ini dilakukan maka justru insomnia akan tetap resistan. Dalam hal ini perlu diingat bahwa kalangan terapis justru senantiasa berusaha menghindari penggunaan obat-obatan. Sebab, pemakaian obat tidur acapkali hanya sebagai pereda sementara, sehingga jika habis waktu berlakunya maka yang bersangkutan akan kembali insomnia.
  3. hindari mengkonsumsi barang-barang terlarang, semacam minuman keras, narkotika, dsb. Sebab hal tersebut akan mengganggu fungsi organ tubuh dan persarafan secara normal.
  4. lakukan makan ataupun minum secara wajar baik dari kualitas, kuantitas, ataupun waktunya. Hindari minum kopi saat menjelang jam tidur, sebab kopi mengandung unsur kofein sehingga merangsang saraf untuk sulit tidur. Hindari makan terlalu kenyang atau terlalu sedikit, karena hal tersebut akan menyebabkan perut merespons secara tidak normal.
  5. aturlah lingkungan kamar tidur secara efektif dan efisien, termasuk lampu tidur yang memenuhi syarat. Sebab kondisi lingkungan tertentu, semisal suara bising, lampu sangat terang, akan mengganggu konsentrasi tidur.
  6. Miliki jadwal tidur yang reguler dan rasional. Gak usah memaksa / menargetkan harus bisa tidur saat itu, ini malah membebani pikiran anda.
  7. Jangan tidur dengan kondisi kamu lapar, sehingga akan membuat kamu terbangun nantinya hanya karena ingin mencari makanan.
  8. Percayakanlah saat waktu bangun kamu pada alarm jam kamu.Dengan sering melihat jam di kamar akan mempengaruhi reaksi emosi. bisa membuat tubuh merasa tertekan dan malah gak bisa tidur
  9. Olah raga ringan 6 jam sebelum tidur.
    Olah raga aerobik selama 20 menit dapat meningkatkan suhu dan metabolisme badan dan akan menurun kembali sekitar 6 jam kemudian. Penurunan metabolisme dan suhu badan dapat memungkinkan tidur nyenyak.
  10. jika penderita insomnia memang telah mengetahui bahwa penyebabnya adalah aneka problematika kehidupan maka selesaikan terlebih dahulu secara sempurna. Berpikirlah rasional bahwa ”sepanjang badan dikandung badan” manusia mesti memiliki problema. Hadapilah dan selesaikan permasalahan hidup secara proporsional dengan penuh usaha, sabar dan tawakkal.
  11. jika akan tidur maka lakukan niat yang kuat dan relaksasi fisik serileksnya.
  12. Sebelum tidur, ingatlah untuk berdoa karena ini bisa sebagai sarana meditasi utk Anda juga.

Cara Menyembuhkan Sakit Gigi

Kembali ke alam dan nikmati perawatan secara alami oleh beberapa bahan alami yang mudah Anda temui bahkan di dapur Anda. Hmm…apa saja sih obat-obat mujarab tersebut?

Massage es balok
Es balok siap membantu meringankan sakit gigi Anda. Ah yang benar? bagaimana bisa hilang jika dinginnya saja membuat Anda ngilu? Ikuti triknya di sini, ambil sepotong kecil es balik dan letakkan di antara jari telunjuk dan ibu jari. Pijat perlahan di bagian tersebut, nah kini bisa Anda rasakan perlahan rasa sakit itu mulai hilangkan?

Pemijatan nyaman oleh si es balok menyentuh sel-sel syaraf yang terdapat di sekitar ibu jari dan telunjuk. Pemijatan yang dilakukan si es balok langsung ke pusat syaraf, sehingga 60 – 90% rasa sakit yang Anda rasakan cepat menghilang. Lebih aman daripada pereda sakit kan?

Bawang putih
Potong halus si bawang putih (1 siung bawang putih), kemudian taburkan sedikit garam. Kunyah di daerah yang sakit dan tak lama kemudian rasa sakit di gigi Anda akan menghilang perlahan. Anda juga boleh menggunakannya sebagai terapi untuk memperkuat struktur tulang gigi Anda.

Bawang merah
Tak hanya si bawang putih, namun bawang merah juga mampu meringankan rasa sakit gigi Anda. Selain itu, kandungan enzim dalam bawang merah dapat membantu membunuh kuman-kuman jahat di dalam mulut.

Jeruk nipis
Peras sari jeruk nipis, pulaskan pada bagian gigi yang sakit sesendok demi sesendok setiap 10 menit sampai sari jeruk tersebut habis. Selain kaya akan vitamin C, sari jeruk tersebut juga berfungsi sebagai pereda sakit gigi Anda.

Minyak cengkeh
Anda mungkin tahu bahwa cengkeh adalah salah satu komposisi penyusun rokok. Namun berbeda dengan cengkeh tersebut, sari minyak cengkeh sangat manjur untuk menyelamatkan gigi Anda dari serangan rasa ngilu. Caranya mudah, oleskan minyak cengkeh pada gigi Anda dengan bantuan kapas.

Garam
Tidak dianjurkan untuk mengonsumsi garam secara langsung, bukan karena efek samping, namun rasanya tentu sangat asin bukan? Namun di balik rasa asin ini, kandungan yodium yang tinggi juga meringankan ngilu gigi. Caranya mudah, taburkan garam dalam segelas air mineral hangat. Aduk kemudian gunakan sebagai sarana mouthwash. Berkumurlah setidaknya sampai Anda merasa cukup nyaman dan tak terlalu tersiksa oleh rasa sakit gigi.

Resep-resep jitu tersebut memang sangat sederhana, namun jangan pernah meremehkan khasiatnya ya. Dalam beberapa langkah sederhana saja, obat-obatan alami tersebut mengusir rasa sakit tanpa menimbulkan efek samping yang berbahaya.

Tips Menjadi Lebih Sehat

1. Pelan-pelan

Quote:
Bermasalah dengan pembuangan pencernaan? Ingin menambah asupan Omega 3? Jika Anda berencana untuk menambah asupan makanan yang baik, seperti serat dari sayuran dan buah, atau Omega 3 dari ikan, sebaiknya dimulai pelan-pelan dengan langkah kecil. Contohnya, berjanjilah untuk memasukkan satu buah ke dalam tas sebelum berangkat kerja. Atau, berjanji untuk menyiapkan 1 hari khusus untuk makan ikan. Atau, membawa sereal gandum utuh setiap hari sebagai camilan setelah sarapan.

2. Air, air, dan air

Quote:
Murah, bebas lemak, dan memberi tubuh kebutuhan akan cairan. Tapi entah mengapa, Anda masih belum bisa minum 8 gelas air putih setiap hari? Mulailah dari yang kecil;
* Minum segelas air putih setiap bangun tidur sebelum menggosok gigi.
* Tergoda soda? Segelas anggur? Ambil segelas air putih yang ditambah minuman itu sedikit.
* Buatlah resolusi untuk minum 1 gelas lebih banyak dari hari kemarin.


3. Pelangi makananku

Quote:
Makanan yang berwarna-warni kaya akan komponen pelawan penyakit. Jadi, saat Anda mulai berbelanja bahan makanan alami carilah makanan yang kaya akan warna alami, bukan pewarna buatan. Cara yang bisa Anda lakukan; Tetapkan satu warna per hari. Misal, Senin untuk makanan berwarna kuning, seperti jeruk atau jagung. Sementara hari Selasa adalah warna ungu, seperi buah plum dan terung, begitu seterusnya. Variasikan warna-warni pelangi yang Anda konsumsi. Perkenalkan diri Anda kepada sayur-sayuran baru. Siapa tahu, bahan itu jadi kesukaan suami atau anak-anak.

4. Atasi keinginan mengemil yang tak perlu

Quote:
Anda sedang berbincang-bincang dengan teman di meja makan, menonton DVD, atau membaca berita di depan komputer, tetapi mulut Anda tak bisa berhenti mengunyah. Coba tips-tips berikut:
* Makan permen bebas gula atau permen karet.
* Menggosok gigi.
* Perhatikan baik-baik makanan yang ingin dikunyah.
* Sibukkan tangan Anda dengan kegiatan lain, seperti membersihkan meja atau lainnya.

5. Bantu diri sendiri

Quote:
Jangan lupa bantu diri Anda untuk sukses hidup lebih sehat, dan carilah bantuan begitu Anda merasa butuh bantuan. Cobalah cari “teman sepenanggungan”, bisa teman atau anggota keluarga yang juga memiliki resolusi menurunkan bobot tubuh. Saling bagi ide, rencana, dan kesuksesan setiap hari. Dengan begini, masing-masing akan saling termotivasi. Berjanjilah pada diri sendiri untuk tidak membeli makanan-makanan yang bisa membuat gemuk, seperti es krim, keripik kentang, soda, dan lainnya. Buat aturan untuk diri sendiri, untuk makanan-makanan tadi hanya boleh dimakan di luar rumah, dan hanya boleh 1 porsi. Bersosialisasilah dengan kegiatan yang tak berhubungan dengan makanan, misal, berkumpul di taman, untuk mendaki bukit, atau pergi nonton bioskop tanpa mengemil.

Tambahan: Sayangi tubuh Anda

Quote:
* Pencegahan, selalu lebih baik ketimbang melakukan pengobatan atas penyakit menyeramkan yang bisa merenggut nyawa, jadi lakukan hal-hal kecil yang membuat tubuh Anda tetap berjalan dengan optimal dan sempurna.
* Bergeraklah setidaknya 30 menit per hari setiap hari-hari tertentu. Apa pun caranya, seperti berjalan kaki, mencuci mobil, naik sepeda, apa pun yang bisa memompa kerja darah.
* Tes kesehatan tubuh Anda. Kolesterol, pap smear, dan lainnya supaya Anda selalu selangkah lebih maju dengan kesehatan tubuh Anda.
* Berjanjilah untuk memenuhi waktu tidur yang dibutuhkan tubuh Anda. Tidur membantu tubuh dan jiwa mengisi ulang dayanya, tetap sehat, dan mengatasi stres.Semua hal dimulai dengan langkah pertama, langkah kecil pun berpengaruh. Jadi, kalau tidak sekarang, kapan lagi memulai resolusi kesehatan Anda? Semoga berhasil!

Cara menjadi pembicara yang baik

Di bawah ini ada 10 ‘tatakrama” untuk menolong Anda lebih menarik dalam berbicara:

1. Singkat.
Bicaralah ‘to the point’. Kuasai permasalahan, kapan berhenti dan apa yang tidak perlu dibicarakan. Bertele-tele merupakan kebiasaan berbicara yang paling jelek. Untuk mengatasinya, langsunglah pada pokok pembicaraan dan tetap pada pokok tersebut. Berbicara nyerocos tak henti-henti, akan mengundang kebosanan dari pihak pendengar (Bukan hanya kebosanan yang diundang tapi juga kemarahan untuk membuatnya diam).
2. Hindarkan penyakit “aku-diriku”.
Menonjol-nonjolkan diri-sendiri akan mengundang anti-pati dari pihak pendengar (Nah tuh sekarang yang diundang anti-pati, makanya jangan sombong yah…)

3. Libatkan orang lain secara aktif dalam pembicaraan itu.
Tekniknya sangat sederhana: Ajukan pertanyaan-pertanyaan, sehingga pembicaraan akan semakin berkembang dan menarik. (Makanya biar berkembang pake teknik pertanyaan)

4. Jangan biarkan pendengar merasa tidak termasuk dalam pembicaraan itu.
Tentu Anda tidak ingin dianggap sepi, maka jangan menganggap sepi orang lain. Sebaliknya, ikutkanlah semua orang. Mata Anda perlu berkomunikasi sementara Anda sedang bicara. (Ternyata bukan mulut aja yang bisa berkomunikasi… Mata juga bisa, dari yang ku tau memang semua anggota tubuh itu bisa berkomunikasi loh… Kok bisa??? Tanya aja deh sama om google)

5. Hati-hati untuk tidak melukai perasaan orang lain.
Sikap yang baik bukan datang dari sikap pura-pura atau munafik, tetapi dari sikap simpati. Yakni, turut merasakan apa yang sedang dirasakan orang lain. Caranya, tempatkan diri Anda ke dalam diri orang lain. Hati-hati, bahwa suatu topik tertentu mungkin akan mengundang dampak negatif. Topik-topik seperti politik, agama, kesukuan, kelompok mungkin cocok untuk sepihak namun tidak untuk pihak lain. Hindarkan pembicaraan yang menyerang pribadi seseorang. (Iya tuh saya setuju banget, apalagi yang terakhir… ga boleh menyerang pribadi orang, nanti dipenjara loh.)

6. Hindarkan gosip tentang orang lain.
Membicarakan seseorang di belakangnya, suatu tindakan yang tidak ‘fair’ terhadap yang bersangkutan. Menjelek-jelekkan karakter atau reputasi seseorang merupakan tindakan yang tidak terpuji. Ingat ‘peraturan emas’: “Jangan lakukan terhadap orang lain, apa yang tidak Anda inginkan orang lain lakukan terhadap Anda.” (Yup itu sudah menjadi sifat aku loh…

7. Diskusikan jangan berdebat.
Berdebat secara emosi merupakan musuh dari pembicaraan yang enak (hmmmm…. nyam-nyam-nyam…. kata si iblis^^). Orang-orang bijak mengatakan bahwa orang yang pertama berteriak, telah kehilangan argumentasinya. Meskipun menurut orang yang marah tersebut pendapatnya benar, namun sifat menyerangnya akan membuatnya kehilangan argumen sekaligus kehilangan respek dari pihak lain. (Makanya biar ga banyak yang hilang harus bisa sabar, ikhlas dan menahan emosi dengan mengendalikan diri, yalah malah jadi kayak AA Gym yah???).

8. Perhatikan reaksi pendengar terhadap apa yang sedang Anda bicarakan.
Bagaikan seorang pengemudi, pembicara harus memperhatikan tanda-tanda lalu-lintas. Kapan berhenti dan kapan Anda boleh meneruskannya. Tanda-tanda kebosanan dari pendengar merupakan ‘lampu merah’ bagi Anda, Anda harus berhenti secepatnya. Sebaliknya rasa tertarik dan perhatian mereka, merupakan ‘lampu hijau’ Anda boleh terus, lanjutkan! (Lho kok jadi kayak iklan capres.) Jika orang tertarik kepada pembicaraan Anda, mereka akan memberi tanda terus, dengan meminta Anda melanjutkannya. (Berarti kalo si Capres – lanjutkan! – pro rakyat – lebih cepat lebih baik; menang, rakyat pada tertarik sama dia yah… hehehe… :) .. ).

9. Dengar
Minatilah apa yang dibicarakan orang. Mendengar sama pentingnya dengan berbicara. Jika pembicaraan tidak begitu menarik, pikirkan sesuatu yang lain. Jika benak Anda sering menyimpang lari dari pembicaraan, Anda perlu merubah kebiasaan mendengar Anda. Jangan lupa, bahwa pendengar yang tidak baik juga merupakan pembicara yang tidak baik. (Iya saya akan ingat Bapak/Ibu Guru.)

10. Jangan menyela orang yang sedang berbicara.
Beri kebebasan orang lain berbicara. Mengajukan pertanyaan yang tidak relevan, membuat komentar yang tidak berhubungan, menghentikan kalimat-kalimat orang lain atau menolongnya untuk lebih memperlancar bicaranya, dapat membuatnya jengkel. Interupsi, hanya perlu jika pembicaraan bertele-tele, pembicaraan yang membuat orang mengantuk atau membicarakan topik menyerang pribadi seseorang. (Berikan kesempatan orang lain berekspresi yah-Xpresikan dirimu-biar aku yang mendengar)
Singkatnya untuk menjadi pembicara yang baik memerlukan keahlian yang besar. Juga memerlukan seni tersendiri yang perlu dipelajari. Dengan mengikuti langkah-langkah di atas, Anda tidak hanya meningkatkan kebiasaan berbicara Anda tetapi juga akan disenangi orang lain. Mereka akan tertarik kepada Anda dimanapun Anda berada. (Jadi biar orang-orang mau dkt dgn Anda apalagi lawan jenis Anda itu cewe… ga perlu pake parfum ‘kapak’-bisa diterjemahkan ke dlm bhs inggris).
Suatu saat… Anda bahkan bisa menjadi seorang ‘master‘ dari seni berbicara

Tips Merawat Wajah

Tips Merawat Wajah

 

CARA MENENTUKAN JENIS KULIT/ MENDIAGNOSA KULIT
JENIS KULIT ADA 4 MACAM
A.Kulit kering
B.Kulit normal
C.Kulit berminyak
D.Kulit kombinasi

A.CIRI-CIRI KULIT KERING:
·Permukaan kulit kering dan tipis
·Kulit kelihatan kusam
·Terdapat garis halus, dengan bertambahnya usia maka garis tersebut akan menjadi keriput.
·Pori-pori halus / tidak kelihatan.

B.CIRI-CIRI KULIT NORMAL:
·Pori-pori halus/sedang
·Kulit lembut, halus dan kenyal
·Jarang timbul jerawat
·Kulit bersinar
C.CIRI-CIRI KULIT BERMINYAK:
·Pori-pori besar
·Kulit mengkilat
·Kulit mudah berjerawat
·Kulit luar tebal

D.CIRI-CIRI KULIT KOMBINASI:
·Berminyak di daerah T ( dahi, hidung, dagu)
·Normal di daerah pipi dan rahang
·Kering di daerah sekitar mata, pipi bagian atas, dan leher.

Untuk mendapatkan kulit halus dan terjaga kemudaannya, kita harus menyisihkan waktu dan tenaga untuk melakukan perawatan rutin serta intensif. Tapi untuk menjadi cantik, kita memang harus berani berkorban. Ada beberapa tips yang mungkin dapat membantu anda. Selain melakukan facial lifting and firming ini, ada hal yang dapat anda lakkan untuk menjaga keindahan kulit wajah diantaranya seperti berikut ini : – Menggunakan tabir surya.
Sinar Ultra Violet (UV) jenis A pada mata-hari mampu untuk membentuk penuaan dini pada kulit dengan cara mengeringkan dan membentuk kerutan pada kulit. Karenanya gunakan tabir surya dengan perlindungan luas (Broad Spectrum) yang melindungi kulit dari menggelapnya kulit (UVB) dan penuaan kulit (UVA). – Menggunakan pelembab
Kulit kering akan membuat anda lebih tua. Untuk kulit berminyak gunakan pelembab ringan dengan bahan dasar air. Untuk kulit sangat kering pilih formula anti – aging, lifting atau firming seperti Q10. – Menggunakan serum
Jika wajah anda mulai nampak kerutan halus, selain menggunakan pelembab gunakan juga serum secara teratur karena kandungan serium yang lebih padat/terkonsentrasi dibanding pelembab biasa. Seperti halnya pelembab, pilih serum dengan formula anti aging, lifting ataupun firmin controlnya produk dari biokos. – Menggunakan antioksidan
Krim yang mengandung antioksidan (seperti lancome vinefit) sangat bermanfaat untuk menangkal efek yang merugikan dari lingkungan seperti polusi dan sebagainya. Jangan merokok. Karbondioksida yang terkandung di dalam asap rokok membuat kulit kering dan keriput.PERAWATAN KULIT MUKA

PEMBERSIHAN:

1.Untuk mata dan bibir.
Ambil kapas, basahi dengan EYE MAKE UP REMOVER dan usapkan di kelopak mata dan bibir dengan lembut.

2.Ambil MILK CLEANSER/CLEANSING CREAM (sesuai dengan jenis kulit) oleskan pada bagian: dahi, hidung, dagu, pipi dan leher. Kemudian ratakan dengan gerakan rotasi keseluruh wajah dan leher, bersihkan dengan tissue/kapas. Ulangi dengan waslap basah.

3.Usapkan penyegar sesuai dengan jenis kulit, kemudian tepuk-tepukkan.

4.Pembersih khusus/intensif:
·Sabun wajah
·Facial Wash
PERAWATAN KHUSUS

5.PEELING LOTION
Ditepuk-tepukkan pada wajah selama 10 menit, untuk melunakkan sel-sel tanduk (dibiarkan +/-10 menit).

6.PEELING CREAM
Oleskan PEELING CREAM pada wajah, ratakan dengan merotasi tunggu 5 menit dan gosok secara abrasif sampai peeling berjatuhan dan terangkat dari kulit.
LARANGANPEELING CREAM tidak boleh digunakan untuk kulit yang berjerawat meradang, kulit sensitif/ alergi dan kulit yang kering berpigmentasi. Setelah semua peeling terangkat dan kulit, bersihkan dengan waslap basah.

7.Untuk pemupukan dari mencegah gejala radang, oleskan SOOTHING LOTION atau CUCUMBER LOTION yang juga dapat memberikan tambahan kadar air. Dilakukan setelah pemakaian peeling.

GERAKAN MASSAGE:
«PENGOLESAN MASSAGE CREAM Oleskan massage cream didahi, hidung, dagu, pipi dan leher. Ratakan keseluruh wajah dan leher dengan gerakan rotasi/berputar sesuai dengan garis kulit.

1.UNTUK MENCEGAH KERIPUT DISUDUT BIBIR DAN PIPI
Gunakan 2 jari dan 2 tangan, masing-masing pada samping kanan dan kiri. Massage mulai dari tengah dagu dengan rotasi kearah bawah telinga. Massage mulai dari sudut bibir dengan rotasi kearah pelipis. Massage mulai sudut hidung dengan rotasi kearah pelipis.

2.UNTUK MENCEGAH KERIPUT PADA GARIS SENYUM
Gunakan 2 tangan, letakkan tegak lurus pada dagu. Massage mulai dari dagu kearah atas, melalui garis senyum, melewati hidung sampai kedahi (batas rambut).

3.UNTUK MENCEGAH DAN MENGURANGI KERIPUT DIDAHI
Gunakan 2 tangan, letakkan jari-jari pada tengah dahi diantara alis mata. Massage dengan merotasi kearah pelipis, kemudian ditutup dengan tekanan untuk merangsang ujung-ujung syaraf agar berfungsi dengan baik.

4.UNTUK MENCEGAH DAN MENGURANGI KERIPUT DISEKITAR KELOPAK MATA
Gunakan jari manis dan kedua tangan, letakkan pada sudut kelopak mata bagian dalam. Massage ringan kearah keluar mengelilingi kelopak mata bawah nonstop kurang lebih 5 x, ditutup pada titik permulaan massage.

5.UNTUK MENCEGAH DAN MENGURANGI KERIPUT DISEKITAR MULUT DAN KEKERINGAN PADA BIBIR.
Gunakan 2 tangan dan 2 jari pengurut, letakkan tegak lurus dibagian tengah bawah mulut, massage dengan meluncurkan jari-jari mengelilingi mulut kearah atas sampai di bagian tengah mulut atas, urut bolak balik. Lanjutkan dengan mengurut nonstop dan sudut bibir ke bibir yang lain dengan menggunakan 2 jari tangan.

6.UNTUK MENCEGAH DAN MENGURANGI PENUMPUKAN LEMAK DI BAWAH DAGU.
Massage dengan menekan lembut 2 jari pada antara rahang, mulai ujung kanan ke ujung kiri. Kemudian dari ujung kiri ke kanan, masing-masing berhenti dibawah telinga.

7.UNTUK MENCEGAH KERIPUT DILEHER
Gunakan 2 tangan dan 4 jari, massage dengan tekanan sedang mulai dari pangkal leher mengarah keatas sampai ujung leher.

PENGETAHUAN PRODUK LATULIPE COSMETIQUES SERTA KEGUNAANNYA

PEMBERSIH:

EYE MAKE UP REMOVER:

Keterangan:Lotion pembersih yang khusus digunakan untuk menghapus make up mata dan bibir, karena daerah tersebut sangat tipis dan sensitif

Cara Pakai:Tuangkan Eye Make Up Remover pada sepotong kapas tersebut pada jari telunjuk dan jari manis. Usapkan pada kelopak mata, turun kebawah lewat samping mata bagian luar, naik keatas lagi lewat samping mata bagian dalam, sampai semua make up terangkat dan kelopak mata.

MILK CLEANSER:

Keterangan :Susu pembersih untuk semua jenis kulit mengandung emulgator yang gunanya untuk membersihkan lemak-lemak dan kotoran pada kulit yang tidak larut dalam air dan sabun.

Cara Pakai:Oleskan Milk Cleanser ke seluruh wajah dengan gerakan rotasi rmgan sampai rata, kemudian hapus dengan tissue / kapas kearah samping bawah (searah ganis-garis wajah), ulangi sekali lagi dengan waslap basah agar kulit benar-benar bersih dan sisasisa cleanser yang bisa menyebabkan timbulnya jerawat. Terakhir berikan penyegar yang sesuai dengan jenis kulit.

CLEANSING CREAM:

Keterangan : Cream pembersih untuk kulit kering, mengandung emulgator dan lemak yang dibutuhkan oleb kulit kering.

Cara Pakai : Sama dengan cara pemakaian Milk Cleanser. Dipakai 3 x sehari. setiap pagi, sore dan malam hari sebelum

SABUN WAJAH:

Keterangan :Digunakan untuk kulit yang berminyak dan berjerawat, fungsinya untuk mengurangi kadar minyak dan melunakkan sel-sel kulit lapisan tanduk yang mengelupas karena pemakaian Acne Lotion. Untuk kulit berminyak dipakai 1 x sehari dan untuk kulit berjerawat dipakai 2 x sehari.

Cara Pakai :Basahi wajah dengan air, kemudian oleskan Sabun wajah ke seluruh wajah kecuali sekitar mata, lalu usapkan perlahan-lahan ke seluruh wajah sampai berbusa, kemudian basuh dengan air.

FACIAL WASH:

Keterangan :Sabun wajah yang berbentuk gel untuk kulit kering dan normal. Mengandung pelembab alami yang tidak membuat kulit menjadi kering dan iritasi.

Cara Pakai :Tuangkan gel secukupnya pada telapak tangan yang telah dibasahi, gosokkan hingga berbusa dan usapkan secara merata pada seluruh wajah dan leher, kemudian basuh dengan air hingga bersih, Maka kulit anda akan kelihatan bersih, segar dan bersinar.

PENYEGAR:

1.ASTRIGENT:

Keterangan:Lotion penyegar untuk kulit berminyak dan berjerawat. Fungsinya untuk mengurangi minyak yang berlebihan dan meringkas pori-pori kulit.

Cara Pakai :Tuangkan pada sepotong kapas, usapkan ke seluruh wajah dan leher, kemudian tepuk-tepukkan dengan lembut.

2.SKIN TONIC:

Keterangan:Lotion penyegar untuk kulit normal, membersihkan sisa-sisa cleanser menambah vitamin dan menyegarkan kulit.

Cara Pakai:Tuangkan lotion penyegar pada sepotong kapas, usapkan ke seluruh wajah dan leher, kemudian tepuk-tepukkan dengan lembut.

3.CUCUMBER LOTION:

Keterangan:Lotion penyegar untuk kulit kerirg dan kulit kering berpigmentasi. Berfungsi menambah kadar air, sehingga dapat menjaga kelembaban

Cara Pakai :Tuangkan pada sepotong kapas, usapkan pada seluruh wajah dan leher, kemudian tepuk-tepukkan dengan lembut.

PELINDUNG

1.SUNBLOCK CREAM:

Keterangan:Pelindung kulit terhadap sinar matahari, untuk mencegah terjadinya vlek/noda hitam dan keriput.

Cara Pakai:Setelah wajah dibersihkan oleskan Sunblock Cream pada seluruh wajah terutama kelopak mata dan daerah-daerah lain yang menonjol. Dianjurkan terutama untuk kulit kering dan normal, tidak boleh digunakan untuk kulit yang berjerawat.

2.SUNSCREEN GEL:

Keterangan:Pelindung kulit terhadap sinar matahari yang berbentuk gel untuk kulit berminyak, tidak boleh digunakan untuk kulit yang berjerawat. Dipakai sejak matahari terbit sampai matahari terbenam.

Cara Pakai :Sama dengan cara pemakaian SUNBLOCK CREAM.

3.SUNSCREEN LOTION:

Keterangan:Pelindung kulit tubuh terhadap sinar matahari yang berbentuk lotion. Mengandung pelembab dengan kadar tinggi. Bersifat water proof (tahan air). Sangat cocok untuk dipakai pada saat berenang.

Cara Pakai :Dipakai pada pagi sampai sore hari, Oleskan ke seluruh tubuh terutama bagian yang terkena sinar matahari. Untuk berenang, dipakai 30 menit sebelum renang.

PELEMBAB

1.NOURISHING CREAM:

Keterangan:Cream untuk kulit yang mulai condong kering, mengandung vitamin dan bahan-bahan yang berguna untuk menyegarkan kulit.

Cara Pakai :Oleskan merata ke seluruh wajah setiap sore, ketika kulit dalam keadaan bersih.

2.NEW EMOLLIENT CREAM:

Keterangan:Cream pelembab untuk kulit kering. Mengandung bahan-bahan untuk menghambat proses penuaan kulit, serta vitamin-vitamin yang berguna untuk kesegaran kulit. Baik dipakai untuk bagian-bagian perut ( wanita hamil ), tungkai kaki yang pecah-pecah, kulit yang kering karena sering berada di ruangan yang ber- AC.

Cara Pakai :Oleskan merata keseluruh wajah / tubuh setiap sore han ketika kulit dalam keadaan bersih.

3.ANTI WRINKLE CREAM:

Keterangan :Cream anti keriput dengan daya alergi rendah, untuk kulit kering menua terutama kulit sekitar mata yang mudah timbul keriput.

Cara Pakai:Oleskan merata ke seluruh wajah setiap sore/ malam hari ketika kulit dalam keadaan bersih. Dan sangat baik dipakai di sekitar mata sebagai Eye Cream untuk segala usia, apabila kondisi kulit sekitar mata mulai mengering, dan juga dipakai dibagian leher.

4.MOISTURIZER GEL:

Keterangan:Pelembab untuk semua jenis kulit yang mengandung Squalane dan Extract Chamomile, untuk menjaga elastisitas kulit & menghaluskan kulit, serta merupakan satu-satunya pelembab yang tidak menimbulkan jerawat.

Cara Pakai : Oleskan pada kulit wajah dalam keadaan bersih, baik pagi maupun sore hari atau sebelum menggunakan Foundation (alas bedak).

5.HAND & BODY LOTION:

Keterangan :Pelembab untuk kulit tubuh yang berbentuk lotion, berfungsi mencegah penguapan kadar air dan menjaga elastisitas kulit.

Cara Pakai : Oleskan lotion ini pada seluruh tubuh, pada sore hari sehabis mandi.

6.AHA SKIN REPAIR GEL:

Keterangan:Gel Peremajaan kulit yang mengandung Alpha Hydroxy Acid (AHA), yang berguna untuk meningkatkan pembaruan sel dan merangsang pembentukan kolagen sehingga kulit akan menjadi lebih halus dan lebih cerah.

Cara Pakai :Oleskan ke seluruh wajab yang sudah bersih secara merata dan hindari sekitar mata. Dipakai pada malam han sebelum tidur.

PEMUPUKAN / PEREMAJAAN:

1.PLACENTA LOTION:

Keterangan : Digunakan sebagai pemupuk pada perawatan kulit menua /keriput.

Mengandung Extract Placenta dan vitamin- vitamin untuk peremajaan kulit.

Cara Pakai : Dapat dipakai dengan / tanpa alat listrik. Untuk pemakaian sehari-hari bisa digunakan setiap malam setelah kulit dibersihkan. Oleskan pada seluruh wajah dan leher. Untuk pemakaian pada perawatan lengkap bisa digunakan sebelum dan sesudah pemakaian masker.

2.COLLAGEN LOTION:

Keterangan :Digunakan sebagai pemupuk pada perawatan kulit yang mulai mengendur. Mengandung COLLAGEN dan ELASTIN yang dapat meningkatkan turgor dan elastisitas kulit.

Cara Pakai :Sama dengan cara pemakaian Placenta Lotion.

3.ROYAL JELLY:

Keterangan:Digunakan sebagai pemupuk kulit yang kering dan kasar. Mengandung sari madu, vitamin- vitamin dan protein yang berguna membantu metabolisme kulit, sehingga kulit tampak lebih segar dan halus.

Cara Pakai:Sama dengan cara pemakaian Placenta Lotion.

4.EXTRACT CUCUMBER:

Keterangan:Digunakan untuk menambahkan kadar air pada kulit yang kering kekurangan kadar air maupun kulit yang berpigmentasi.

Cara Pakai :Sama dengan cara pemakaian Placenta Lotion.

Perhatian :Perawatan dengan memakai ampul-ampul ini harus secara rutin selama 3 minggu berturut-turut, kemudian istirahat 1 minggu. Ulangi lagi pemakaian ampulnya sampai kondisi yang diinginkan.

PERAWATAN KHUSUS:

PEELING LOTION:

Keterangan:Lotion yang fungsinya untuk melunakkan kulit sebelum pemakaian Peeling Cream, sehingga mempermudah pada waktu pemakaian Peeling Cream.

Cara Pakai :Tuangkan pada sepotong kapas, tepuk-tepukkan pada seluruh wajah selama 10 menit, kemudian diamkan selama 10 menit lagi. Kemudian oleskan Peeling Cream.

Perhatian :Tidak boleh dipakai di sekitar mata dan leher.

PEELING CREAM (WET PEELING):

Keterangan:Cream untuk mengangkat lapisan kulit yang menebal, kasar. Kusam dan berkomedo, agar tampak bersih dan halus.

Cara Pakai :Setelah memakai Peeling Lotion, oleskan Peeling Cream kemudian ratakan biarkan selama 5 menit, kemudian lakukan gerakan peeling (rotasi/menggosok) keseluruh wajah, sehingga seluruh cream mengelupas dan butir-butir peelingnya berjatuhan, bersihkan kulit wajah dan butir-butir peeling tersebut. Setelah itu kulit wajah dibersihkan dengan air hangat kemudian gunakan Cucumber Lotion/ Shooting Lotion keseluruh wajah sambil ditepuk-tepuk.

Setelah kulit di peeling hindari sinar matahari selama 1 minggu. Bila bepergian dianjurkan memakai tabir matahari sesuai jenis kulit. Dipakai 1 x dalam sebulan tergantung kondisi kulit. Sebaiknya dilakukan di salon dan jangan dipakai disekitar mata.

MASSAGE CREAM:

Keterangan:Cream untuk massage (pengurutan) yang mengandung PUFA (Polly Unsaturated Fatty Acid) dan vitamin-vitamin yang dibutuhkan oleh kulit.

Cara Pakai:Setelah wajah dibersihkan, oleskan massage cream secara merata pada seluruh wajah dan lakukan gerakan-gerakan massage sesuai dengan garis-garis wajah. Selesai massage, cream diangkan dengan handuk dan air hangat.

Kulit berjerawat yang meradang tidak boleh dimassage. Dan diutamakan untuk kulit yang kering, menua, lesu/ lelah, dll.

FACE MASKER UNTUK KULIT KERING:

Keterangan:Masker untuk kulit kering/ Normal berkhasiat untuk mengencangkan kulit dan meremajakan kulit (supaya kulit lebih cerah dan segar). Mengandung Extract Placenta dan vitamin-vitamin untuk peremajaan.

Cara Pakai :Setelah massage diangkat dan dibersihkan dari wajah, oleskan masker tersebut secara merata ke seluruh wajah dengan memakai kuas, kecuali sekitar mata dan bibir. Biarkan sampai kering, lebth kurang 20 menit, kemudian bersihkan dengan handuk dan air hangat, terakhir oleskan lotion penyegar sesuai dengan jenis kulit.

FACE MASKER UNTUK KULIT BERMINYAK:

Keterangan:Masker untuk kulit berminyak / berjerawat? berkhasiat untuk mengencangkan kulit. Cara Pakai

Cara Pakai :Sama dengan cara pemakaian masker untuk kulit kering.

FACA MASKER POWDER:

Keterangan:Masker untuk segala jenis kulit, mempunyai daya bersih lebih kuat.

Cara Pakai:Masker Powder dicampur dengan air mawar sampai berbentuk pasta. kemudian oleskan keseluruh wajah dengan memakai kuas, kecuali sekitar mata dan bibir. Biarkan sampai kering -/+20 menit, kemudian bersihkan dengan handuk dan air hangat, terakhir oleskan penyegamya sesuai dengan jenis kulit.

BLEACHING CREAM/LOTION:

Keterangan:Cream/Lotion pemutih yang dipakai sore/malam hari, untuk menghilangkan noda-noda hitam / flek. Selama pemakaian Bleaching Cream/Lotion dianjurkan untuk menghindari sinar matahari. Pada waktu pagi dan siang hari harus menggunakan tabir matahari yang sesuai dengan jenis kulit, Sunblock Cream / Sunscreen Gel.

Cara Pakai:Setelah kulit dibersihkan, oleskan Bleaching Cream/ Lotion dengan batang kapas / Cotton Buds hanya pada kulit yang ada flek hitamnya saja.

Perhatian :Sebaiknya dilakukan test alergi dibelakang telinga – /+48 jam.

ACNE LOTION:

Keterangan:Obat jerawat yang mengandung bahan-bahan keratolitik (pengelupas), fungsinya untuk membuka penyumbatan -penyumbatan dan mengeringkan jerawatnya.

Cara Pakai:Oleskan Acne Lotion tipis-tipis merata keseluruh bagian wajah, kecuali sekitar mata dan bibir, pada waktu malam hari setelah kulit dalam keadaan bersih. Bisa juga dioleskan setelah pemencetan jerawat dan sebelum pemakaian Masker.

ACNE CARE GEL:

Keterangan:Pelembab khusus untuk kulit berjerawat, yang mengandung pelembab dan vitamin B-3 yang dapat menghambat timbulnya jerawat yang meradang.

Cara Pakai :Oleskan Acne Care Gel tipis-tipis pada kulit dalam keadaan bersih.

Dipakai pada pagi hari sebelum pemakaian Bedak Jerawat.

LIQUID FOUNDATION UNTUK KULIT BERJERAWAT

Keterangan :Dasar bedak berbentuk cair yang khusus digunakan untuk kulit berjerawat. Mengandung bahan-bahan yang membantu mengeringkan jerawat. Tidak dianjurkan untuk kulit yang berjerawat meradang.

Cara Pakai:Pakailah foundation ini secara tipis dan merata di seluruh kulit muka/ wajah, kecuali sekitar mata dan bibir. Sesudah memakai foundation ini sebaiknya ditutup dengan bedak jerawat, sehingga jerawat cepat kering dan kulit kembali halus, licin dan bersinar.

BEDAK JERAWAT:

Keterangan:Bedak jerawat fungsinya untuk penampilan bagi kulit yang berjerawat dan membantu mengeringkan serta mencegah terjadinya jerawat. Dibuat dari bahan-bahan yang tidak menimbulkan jerawat. Dan mengandung bahan-bahan yang sangat berguna untuk kulit yang berjerawat, sehingga kelihatan lembut, kencang dan bersinar.

Cara Pakai :Oleskan merata ke seluruh wajah yang sedang berjerawat atau oleskan diatas kulit berjerawat yang sudah memakai LIQUID FOUNDATION UNTUK KULIT BERJERAWAT. Jangan dipakai di sekitar mata dan bibir.

SOOTHING LOTION:

Keterangan :Lotion pemupuk setelah Peeling, yang fungsinya untuk menenangkan kulit, mencegah gejala radang pada kulit dan menambah kadar air.

Mengandung Extract tumbuh-tumbuhan.
Cara Pakai :Oleskan pada kulit sehabis pemakaian Peeling.

AIR MAWAR:
Keterangan :Terbuat dari sari bunga mawar yang berbau harum dan menyegarkan.
Fungsinya untuk mengompres mata agar terasa dingin, dan untuk campuran Masker Powder.
cara Pakai:Untuk mengompres mata tuangkan pada sepotong kapas, letakkan beberapa menit pada kedua amata yang lelah, sehingga mata segar kembali.
Untuk campuran Masker, campurkan Air mawar dengan bubuk Masker sampai berbentuk kental dan bisa di oleskan ke kulit.

 
semoga Membantu. 😀

Cara Mengkritik Yang Baik

1. Jangan pernah mengkritik di depan umum

2. Mulailah kritik dengan kata atau pujian yang baik
Lakukan seperti yang anda pelajari di sekolah, seperti ‘lukisan anda bagus namun jika ditambahkan warna yang lebih cerah tentu akan membuat lukisan ini lebih nyata’.

3. Buatlah kritik itu impersonal – kritiklah perbuatannya, bukan orangnya

4. Sediakan jawaban
Jika anda mengkritik, tentu anda tahu di mana letak kesalahan orang tersebut, maka seharusnya anda juga memberi tahu bagaimana melakukannya dengan benar.

5. Mintalah kerja sama – Jangan menuntutnya
Ini merupakan kenyataan bahwa anda akan mendapat kerja sama lebih besar dari orang jika anda memintanya daripada jika anda menuntutnya.

6. Satu kritikan untuk sebuah pelanggaran
Kritikan yang paling benar dibenarkan hanya sekali.

7. Akhiri kritik dengan perkataan yang bersahabat
Akhiri kritik dengan perkataan seperti ‘kita telah menyelesaikan masalah ini, marilah kita bekerja sama dan saling membantu’ daripada mengatakan ‘kamu sudah ditegur, perbaikilah perbuatanmu’.