Tips Cara Berkenalan

Nah, biar bisa cepet akrab dengan kenalan baru, aku punya beberapa tips nih :

• Orang itu suka didengerin. Jadi, intinya banyak-banyaklah mendengarkan. Jangan kelewat semangat dan ingin mendominasi obrolan/cerita.

• Utarakanlah pertanyaan-pertanyaan yang cocok dengan kenalan baru kita. Misal, orang yang terlihat sudah tua (memasuki usia pensiun) biasanya bergairah klo ditanya tentang pengalaman kerjanya. Pengusaha selalu bangga menceritakan jerih payahnya membangun usaha. Orang yang sudah berkeluarga, pasti semangat bercerita tentang anak-anaknya.

• Hati-hati dalam bertanya, jangan sampai menyinggung masalah yang sensitif bagi kenalan baru kita. Contoh, wanita yang sukses karirnya, biasanya mengalami masalah menemukan jodoh (umur hampir 35, kadang belum menikah). Walaupun terlihat sudah “ibu-ibu”, tentu sangat menusuk klo ditanya “anaknya udah berapa mba’?”. Contoh lain, jangan mengambil resiko bertanya tentang IP ke seorang mahasiswa. Tanyakanlah tentang aktivitasnya di luar kuliah, karena biasanya mahasiswa lebih bangga dengan aktivitasnya di luar kuliah.

• Jika kondisi sedang hening, baru kita mulai bercerita tentang diri kita. Jangan terlalu membesar-besarkan diri, apalagi menimbulkan kesan superior terhadap kenalan baru. Ceritakanlah hal yang dapat menyenangkan dan menghibur kenalan baru kita

Any question or comment from your side.?

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s