Sejarah Tembok Berlin

Kemarin saat menonton berita di TV sambil sarapan kebetulan sedang ada liputan tentang Berlin. Tiba-tiba jadi teringat sesuatu tentang tembok Berlin (dulu kebetulan sempat main kesana). Yang teringat adalah, ketika Jerman belum bersatu, tembok Berlin itu memisahkan Berlin Timur (yang sosialis, dibawah administrasi Soviet) dan Berlin Barat (yang demokratis, dibawah AS, Inggris dan Perancis).  Tembok Berlin dibuat untuk mencegah eksodus/emigrasi warga ke Berlin Barat (karena secara sosial ekonomi masa itu Berlin Barat dirasa lebih menjanjikan).

Tapi walaupun sudah dibuat tembok Berlin beserta fitur keamanan tambahannya (lengkapnya baca dari wikipedia saja), tetap saja banyak yang berhasil lolos melintasi ke Berlin Barat. Walaupun banyak juga yang gagal dan bahkan tewas ditembak penjaga tembok.  Yang mengganjal di pikiran saya adalah, kenapa susah-susah menerobos tembok Berlin, kenapa tidak lewat kota-kota yang berbatasan dengan Berlin di sebelah Utara, Selatan atau Barat.

Hehe.. memang pengetahuan sejarah saya tidak bagus-bagus amat. Ternyata, tembok Berlin itu tidak cuma membelah kota Berlin menjadi dua.  Tembok Berlin dibuat mengelilingi kota Berlin Barat!.  Ya, memang saat berkunjung kesana, saya tidak mungkin mengitari seluruh tembok Berlin. Waktu itu hanya di sekitar bekas tembok yang membatasi Berlin Barat dan Berlin Timur saja (di sekitar chekpoint yang paling populer, Checkpoint Charlie). Itulah mengapa di pikiran saya, tembok Berlin hanya berupa satu garis tembok pembatas kota Berlin Barat dan Berlin Timur.

Lalu muncul pertanyaan satu lagi.  Tembok Berlin kan dibuat oleh Jerman Timur, lalu kenapa ada tembok juga di bagian barat kota Berlin.  Kota Berlin Barat kan termasuk administrasi Jerman Barat, yang menentang keberadaan tembok pembatas.  Lagi-lagi pengetahuan sejarah saya yang kacau. Setelah membaca sedikit sejarah pemisahan Jerman menjadi Jerman Barat dan Jerman Timur paska Perang Dunia ke-2, saya jadi tahu bahwa seluruh kota Berlin itu berada di dalam daerah Jerman Timur (baru saya sadar, oh iya, Berlin kan terletak cukup jauh di bagian timur negara Jerman).  Di sinilah letak kebingungan itu. Jadi, walaupun Berlin seluruhnya berada di daerah Jerman Timur  tetapi Sekutu (Allies) sepakat untuk membagi menjadi dua. Berlin Barat dibawah AS, Inggris dan Perancis serta Berlin Timur di bawah Uni Soviet.  Jadi kota Berlin Barat dikelilingi oleh daerah-daerah di bawah penguasaan Jerman Timur.  Jelaslah kenapa Tembok Berlin bisa dibuat mengelilingi, mengisolasi kota Berlin Barat.

Any question or comment from your side.?

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s